-->

Pengertian Produktivitas Menurut Para Ahli

- 8/14/2017
Produktivitas merupakan faktor mendasar yang mempengaruhi performansi kemampuan bersaing dalam industri konstruksi. Peningkatan tingkat produktivitas berelasi terhadap waktu yang dibutuhkan, khusunya berasal dari pengurangan biaya yang dikonsumsi oleh pekerja bangunan (Ervianto, 2008). Selain itu, produktivitas tenaga kerja adalah salah satu ukuran perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sumber daya manusia merupakan elemen yang paling strategik dalam organisasi, harus diakui dan diterima oleh manajemen.
Arti Produktivitas
Arti Produktivitas
Peningkatan produktivitas hanya dapat dilakukan oleh manusia (Siagan, 2002). Oleh karena itu tenaga kerja merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas. Hal ini disebabkan oleh dua hal, antara lain; pertama, karena besarnya biaya yang dikorbankan untuk tenaga kerja sebagai biaya yang terbesar untuk pengadaan produk atau jasa; kedua, karena masukan pada faktor-faktor lain seperti modal (Kussriyanto, 1993).

Pengertian Produktivitas
Di bawah ini adalah beberapa defenisi mengenai produktivitas menurut beberapa ahli yaitu sebagai berikut:
Ervianto (2004), dalam bukunya Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi mengatakan bahwa produktivitas didefenisikan sebagai rasio antara output dan input, atau rasio antara hasil produk dengan total sumber daya yang digunakan. 

Selain itu beliau juga mengungkapkan dalam jurnal yang berjudul Pengukuran Produktivitas Kelompok Pekerja Bangunan Dalam Proyek Konstruksi (2008), pengertian produktivitas tersebut biasanya dihubungkan dengan produktivitas pekerja dan dapat dijabarkan sebagai perbandingan antara hasil kerja dan jam kerja. 

Menurut Kussriyanto (1984), Produktivitas merupakan nisbah atau rasio antara hasil kegiatan (output, keluaran) dan segala pengorbanan (biaya) untuk mewujudkan hasil tersebut (input, masukan).

Revianto (1985) juga mendefinisikan bahwa produktivitas adalah suatu konsep yang menunjukan adanya kaitan antara hasil kerja dengan satuan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk seorang tenaga kerja.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas
Menurut Soeharto (2001), variabel-variabel yang mempengaruihi produktivitas tenaga kerja lapangan dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Kondisi fisik lapangan dan sarana bantu.
  2. Supervisi, perencanaan dan koordinasi
  3. Komposisi kelompok kerja
  4. Kerja lembur
  5. Ukuran besar proyek
  6. Kurva pengalaman (learning curve)
  7. Pekerja langsung versus subkontraktor
  8. Kepadatan tenaga kerja

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini