-->

Istilah Penting dalam Dunia Informatika dan Artinya

- 8/12/2017
Istilah dalam Dunia IT
GSM artinya Global System for Mobile comuication. Standar ponsel yang paling popular di dunia. Telephone GSM digunakan lebih dari satu milyar orang atau lebih dari 200 negara. Banyaknya standar GSM ini membuat roaming internasional sangat umum, dengan “persetujuan roeming” antar operator ponsel. GSM berbeda banyak dengan teknologi sebelumnya dala pensinyalan dan “chanel” pebicaraan dalah digital, yang berate ia dipandang sebagai system ponsel generasi kedua (2G). 

GUI artinya Graphical User Interface. Istilah untuk menyebut tampilan pada program yang berbasis grafis. 

Hacker artinya Adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator. 

Hardware artinya Perangkat keras. Pengertian ini mencakup seluruh perangkat peripheralbeserta perangkat pendukungnya dalam sebuah sistem komputer. 

Home Page/Homepage artinya Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. 

Host artinya Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalamnetwork yang sama.

HTML artinya Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP. 

HTPC artinya Home teater Personal Computer adalah istilah yang dikenakan kepada computer yang memiliki seluruh fungsi multimedia yang ada sampai saat ini. 

HTTP artinya Hyper Text Transfer Protocol. Protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web. 

Hyperthreading artinya Teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk keluarga processor Pentium 4 dengan kecepatan 3 GHz keatas. Teknologi ini memungkinkan elemen-elemen yang berbeda dariprocessor--seperti unit integer, pemrosesan grafis, dan floating point untuk kalkulasi yang kompleks--dapat aktif dalam waktu yang bersamaan. Intel mengklaim teknologi ini mampu meningkatkan unjuk kerja sistem antara 25 hingga 30 persen 

Istilah dalam Dunia IT
IC artinya Integrated Circuit atau chip. Sebuah rangkaian mikroelektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponenkomponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat (disebut sebagai "die") dari silikon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital maupun hybrid (campuran). 

IMAPartinya Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.

Interface artinya Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatuperipheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem. 

Internet artinya Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.

Internet Explorer artinya Program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

Internet-TV artinya Adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet. 

Intranet artinya Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal. 

IP Address artinya Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

ISA artinya Industry Standard Architecture. Adalah slot ekspansi 8 bit dan 16 bit yang digunakan pada komputer XT dan AT. 

ISDN artinya Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN. 

ISP artinya Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet. 

JPEG artinya Joint Photographic Experts Group. Format file gambar (image) yang dikompresi dengan metode lossy. Format ini cocok diterapkan pada file image yang kompleks dengan jumlah warna yang banyak 

Kernelartinya Adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah system operasi. Tugasnya adalah menyali berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras computer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas sedang lebih dari satu program harus dilayani dalam waktu yang bersamaan maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan suatu bagian perangkat keras tersebut. 

Kompresi artinya Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy. Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak signifikan. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG(video) dan MP3 (audio) 

LAN artinya Local Area Network. Sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dalam lingkup lokal (tidak bisa diakses oleh jaringan lain). Beberapa jaringan LAN dapat dihubungkan melalui suatu hirarki tertentu hingga membentuk WAN (Wide Area Network). 

LBA artinya Logical Block Address. Adalah salah satu cara pengalamatan (addressing) sector pada harddisk yang menggunakan metode berupa penomoran dimulai dari 0 sebagai alamat sectorpertama pada harddisk. 

Leased Line artinya Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini. 

LED artinya Light eiting diode atau lebih dikenal dengan sebutan LED adalah suatu semiconductor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. 108. Linux artinya adalah sebuah sistem operasi open source varian UNIX yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL). Linux dikembangkan oleh perorangan maupun kelompok yang bekerja secara sukarela. Para pengembang Linux memanfaatkan jaringan Internet untuk melakukan tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam pengembangan Linux. Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan pakar UNIX di Internet. Sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi-distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain. Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux, sedangkan perbedaannya hanyalah paket-paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init style, dll. 

Login artinya Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci). 

Logoff artinya Tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail). 

Lycos artinya Adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari httpartinya//www.lycos.com

Modem artinya Adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer/notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya 

Mailing List artinya Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. 

Mainboard artinya Juga biasa disebut motherboard, adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana Processor, memory dan peripheral-peripheral lainnya terpasang. 

MBR artinya Master Boot Record. Adalah sector pada harddisk yang berlokasi pada silinder 0 head 0sector 1 (atau dikenal sebagai LBA 0).

MCA artinya Micro Channel Architecture. Bus yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987. Digunakan pada beberapa model komputer PS/2. 

MIDI artinya Musical Instrument Digital Interface. Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus. 

MIMEartinya Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

Modem artinya Modulator and Demodulator. Merupakan piranti untuk keperluan komunikasi data antar komputer yang menggunakan media saluran telepon. 

MOSFET artinya Singkatan dari metal oxide semiconductor atau transistor efek medan, adalah jenis transistor yang berkerja dengan adanya modulasi dari medan listrik di dalam bahan semiconductor. Antara FET dan MOSFET tidak ada perbedaan, hanya yang membedakan adanya lapisan S102 yang membatasi gate dan chanel, lalu arus listrik yang masuk sangat kecil sekali. 

MP3 artinya MPEG layer 3. Sebuah format rekaman audio digital terkompresi. Format MP3 disusun berdasarkan algoritma yang dikembangkan oleh Karlheinz Brandenburg dari Universitas Fraunhover, Jerman. Teknologi ini memungkinkan format rekaman audio digital dengan kualitas mendekati CD memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat didistribusikan dan di-download via internet.

MPEGartinya Motion Picture Expert Group. Sebuah nama populer untuk format file multimediaterkompresi. Pada mulanya MPEG digunakan untuk kompresi data audio-video pada VCD, namun belakangan dikembangkan menjadi format MP3.

MTA artinya Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan email kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent). 

Netscape Navigator artinya Program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp. 

Network artinya Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

NNTP artinya Network News Transfer Protocol. protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119. 

Node artinya Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network. 

Notebook artinya Sebuah computer portable berukuran mini yang dapat dengan mudah dibawa kemana-man. Dikenal juga sebagai laptop atau powerbook, computer jenis ini juga terintegerasi dengan sebuah casing. Beratnya berkisar atas 1- 3 kg. sumber listriknya berasal dari batrai yang dapat diisi ulang atau A/C adapter. Daya tahan batrai bervariasi tergantung dari jumlah cell ayng digunakan (4, 8, dan lain-lain). Semakin banyak tentu semakin tahan lama. Fungsinya sama dengan computer PC biasa. Layar yang digunakan biasanya LCD berukuran 10-17 inch. Mouse atau keyboard adalah terintegerasi, tetapi bila anda ingin menambahkannya, koneksi yang disediakan adalah USB 

OOP artinya Object Oriented Programming. Teknik pemrograman yang berorientasi pada objek.

Open Source artinya Software yang didistribusikan beserta dengan kode sumbernya (souce code) Software ini bebas dimodifikasi oleh user sesuai dengan kebutuhannya. 

Packet Switching artinya Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router. 

Pascal artinya Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirthdi Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatanBorland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi.

PC artinya Personal Computer. Komputer pribadi; mencakup segala jenis sistem komputer yang umum digunakan dewasa ini untuk keperluan pribadi maupun bisnis. 

PCI artinya Peripheral Component Interconnect. Adalah bus yang memiliki kecepatan tinggi yang dikembangkan oleh Intel untuk mendukung komputer yang berbasis processor seri 486 dan diatasnya. 

PERL artinya Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh. 

Pentium artinya Merupakan merk dagang untuk processor generasi kelima keluaran Intel. Processor Pentium pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1993 dengan kecepatan 60 dan 66 Mhz. Tahun 1997 Intel mengeluarkan Pentium MMX (Multimedia Extension) yang telah dilengkapi dengan instruksi-instruksi khusus untuk pengolahan data multimedia. Pentium MMX mampu bekerja dengan kecepatan hingga 233MHz. Kini Prosesor Pentium telah berkembang hingga generasi ke-4 (Pentium 4) dengan kecepatan melampaui 1 GHz (1000 Mhz). 

Plugin artinya Adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik. 

POP artinya Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP. 

PPP artinya Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem. 

Port artinya Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti ekternal, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB. 

Processor artinya Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. 

Prolog artinya Akronim dari Programming in Logic. Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh ilmuwan Prancis pada era 1970-an. Bahasa Prolog biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan knowledge processing, semacam sistem pakar (expert system), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). 

Protokol artinya Protocol. Seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien. 

PSTN artinya Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

QVGA artinya Quarter Video Graphics Array, bias disebut juga dengan Quarter VGA atau QVGA adalah kata popular dari display computer dengan kedalaman resulusi 320 x 240. display QVGA biasa digunakan pada telephone selular dan PDA. Lebih sering dengan format display portrait dari pada landscape serta pilihan resulusi 240 x 320. nama QVGA diambil dari fakta bahwa QVGA menawarkan ¼ dari maksimum resulusi 640 x 480 yang aslinya milik teknologi VGA IBM, yang menjadi standart industri pada tahun 1980-an. Itunes mendistribusikan program televise dalam format QVGA agar dapat disaksikan melalui computer atau dikoneksikan ke generasi ke 3 IPOD, yang juga mampu memainkan QVGA dengan resolusi video sampai 30 gambar per detik. Pada resolusi tinggi atau resulusi yang lebih tinggi “Q” berarti quad atau resolusi display lebih tinggi empat kali, seperti QXGA yang mempunyai resolusi 2048 x 1536. 

Query artinya Perintah-perintah untuk mengakses data pada system basis data, ataupun suatu nama yang diberikan kepada string untuk digunakan dalam bahasa pemprograman yang digunakan untuk pengaksesan database, pengakses dapat mengakses data yang diperlukan untuk mendapatkan informasi. Dengan adanya query ini memberikan kemudahan bagi bahasa pemprograman terhadap kompabilitas akses terhadap data base tersebut. 

RAM artinya Random Access Memory. Memory fisik yang terpasang pada PC. 148. RFC artinya Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822. 

ROM artinya Read Only Memory. Juga dikenal sebagai memori statik, yaitu memori fisik yang bersifat hanya-baca. Dalam komputer, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS.


Routerartinya Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan. 

RISC artinya Reduced Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi builtin pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang lebih ringkas dibandingkan dengan CISC. RISC memiliki keunggulan dalam hal kecepatannya sehingga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kalkulasi secara intensif. Konsep RISC pertama kali dikembangkan oleh IBM pada era 1970-an. Komputer pertama yang menggunakan RISC adalah komputer mini IBM 807 yang diperkenalkan pada tahun 1980. Dewasa ini, RISC digunakan pada keluarga processor buatan Motorola (PowerPC) dan SUN Microsystems (Sparc, UltraSparc). 

Script artinya Adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage. 

SCSI artinya Small Computer Systems Interface. Merupakan standar dalam menghubungkan peripheral ke komputer dengan menggunakan interface yang memakai perintah SCSI (SCSI Command). Standar SCSI dapat dibedakan menjadi SCSI (SCSI1) dan SCSI2 (SCSI widedan SCSI wide and fast). SCSI2 adalah versi terbaru dari SCSI yang menghubungkan berbagaiperipheral seperti CD-ROM dan Tape Drive. 

SDRAM artinya Sychronous Dynamic Random Access Memory. Modul memory (RAM) dengan clock speedyang lebih tingi daripada SIMM atau EDO. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi terbaru. Modul ini biasa dijual dengan spesifikasi bus clock tertentu, misalnya 32MB/133Mhz, artinya SDRAM dg kapasitas sebesar 32MB yg bekerja pada FSB sebesar 133Mhz. Bus clock yang tinggi digunakan apabila SDRAM dipasang pada PC dengan processor generasi baru yang juga bekerja pada FSB yang tinggi, namun tidak berpengaruh pada mesin dengan processor generasi lama dengan FSB yang rendah. SDRAM dikemas dalam modul 172 pin. 

SDSL artinya Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik). 

Search Engine artinya Adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal artinya Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya. 

Server artinya Komputer yang bertugas sebagai "pelayan" jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya.

SGMLartinya Standard Generalized Markup Language. Nama populer dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk hypertext. 

Shareware artinya Software yang diedarkan secara cuma-cuma untuk dapat dicoba oleh calon penggunanya selama jangka waktu tertentu. Apabila si calon pengguna tertarik, maka ia dapat membeli versi komersialnya. 

SIMM artinya Single Inline Memory Module. Modul Memory yang umum digunakan mulai pada PC type 286 hingga Pentium generasi awal. Secara fisik, SIMM dikemas dalam modul 30 dan 72 pin. 

SMTP artinya Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP. 

Software artinya Perangkat lunak. Pengertian ini juga mencakup sebuah program yang dibuat untuk dijalankan pada hardware tertentu. 

SQL artinya Structured Query Language. Bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengirimkan suatu perintah query (pengaksesan data berdasarkan pengalamatan tertentu) terhadap sebuah database. Kebanyakan software database yang ada saat ini dapat diakses melalui SQL. Setiap aplikasi yang spesifik dapat mengimplementasikan SQL secara sedikit berbeda, tapi seluruh database SQL mendukung subset standar yang ada. 

SSH artinya Secure Shell. Protokol pengganti Telnet yang memungkinkan akses yang lebih secure ke remote-host. 165. SRAMS artinya Ialah satu jenis memory disamping DRAM (dynamic random accsess memory), yang memiliki karakteristik tidak diperlukannya sirkuit data refresh untuk merefresh data secara berkala. Karena memory ini seluruhnya dibangun dengan komponen transistor. Maka dari itu disebut static random accsess memory. Tidak seperti DRAM yang membutuhkan refresh data karena juga dibentuk dengan menggunakan kapasitor.

SSD artinya Teknologi solid state disk drive (SSD) drive yaitu system penyimpanan data yang menggunakan chip memory (flash memory chip) dengan kapasitas kemampuan penyimpanan saat ini baru hingga 128 GB saja. 

Storage artinya Media penyimpanan data pada komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non-removable storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap. Floopy disk (disket) dikelompokkan sebagairemovable storage, sementara hard disk masuk dalam kelompok non-removable storage. 

TCP/IP artinya Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. 

TDP artinya Atau thermal design point, adalah istilah yang menunjukan nilai daya maksimal dari suhu (thermal) yang harus disalurkan/dihilangkan. 

Telnet artinya Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100. Penggunaan Telnet sangat rawan dari segi sekuriti. Saat ini penggunaan Telnet telah digantikan oleh protokol SSH dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Trojan horse artinya Sebuah program komputer yang mengandung rutin-rutin tersembunyi, biasanya bersifat merusak, yang berjalan di latar belakang saat program utama dijalankan. Trojan horse biasanya berwujud sebuah program yang menarik sebagai jebakan terhadapuser supaya ia tertarik untuk menjalankannya. Walaupun bekerjanya mirip dengan virus, namun trojan horse (biasanya) tidak dirancang untuk menginfeksi sebuah program. 

UDP artinya User Datagram Protocol. Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima. 

UNIX artinya Merupakan salah satu sistem operasi yang populer untuk server saat ini. UNIX dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sekitar tahun 1969 di AT&T Bell Laboratories. Pada mulanya sistem ini dikembangkan dalam bahasa assembly. Akan tetapi karena portabilitasnya rendah (sehingga sulit dikembangkan di sistem lain) maka Ritchie mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut bahasa C (sekitar tahun 1972). Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulailah muncul variant dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V. 

Upgrade artinya Istilah untuk tindakan penggantian sebagian atau keseluruhan perangkat sistem dengan perangkat sejenis yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. 

Upload artinya Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download. 

Upstream artinya Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream. 

URI artinya Uniform Resource Identifier. Sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skemaartinya//alamat.resource atau skemaartinyaalamat.resource. Misalnya, URI httpartinya//yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya. 

URL artinya Uniform Resource Locator. Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis. 

USB artinya Universal Serial Bus. Teknologi yang memungkinkan pemasangan peripheral secara mudah dengan bandwidth yang lebih besar daripada port serial atau paralel. 

Usenetartinya Usenet news, atau dikenal juga dengan nama “Net news”, atau “news” saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan). 

User artinya Pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail). 

UUENCODE artinya Unix to Unix Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII agar dapat dikirimkan melalui email. 

VGA artinya Video Graphics Array adalah standar tampilan computer yang kali pertama dipasarkan IBM pada tahun 1987. kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output keluaran computer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, dibutuhkan VGA berkemampuan tinggi. 

Virus artinya Istilah untuk sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan cara menyisipkan programnya kedalam sebuah file lain tanpa campur tangan manusia. Mirip seperti virus biologis, virus komputer dapat menyebar pada file-file dalam sebuah komputer, atau bahkan menulari file di komputer lain, baik melalui jaringan maupun lewat kegiatan tukar-menukar file. Sebuah virus dapat berisi rutin-rutin tertentu yang diisikan oleh programmer virus. Rutin-rutin ini bisa saja berisi perintah perusakan atau hanya sekedar menampilkan pesan. 

VisualBasic artinya Bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp. 

VLB artinya Vesa Local Bus. Adalah ekstensi 32 bit yang memiliki kecepatan tinggi untuk ISA. VLB dipromosikan oleh VESA (Video Electronic Standard Association). 

Voice-mail artinya Sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara. 

VOIP artinya Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP). 

VPN artinya Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private). 

WAP artinya Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP. 

Webmai artinya Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web. 

Webmaster artinya Seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan. 

Web page artinya Adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

Website artinya Adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi. 

WiFi artinya Wireless Fidelity. Sekumpulan standart yang digunakan untuk jaringan local nirkabel (wireless local area network-WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. standart terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16.g. saat ini sedang dalam penyusunan. Spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. 

WML artinya Wireless Markup Language. Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP. 

World Wide Web artinya Sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD. 

Worm artinya Sejenis virus komputer yang tidak menginfeksi sebuah program. Worm menduplikasi dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya dengan memanfaatkan jaringan komputer). Walaupun worm tidak menular melalui sebuah program, namun ia juga dapat bersifat merusak. 199. XML artinya Extensible Markup Language. Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berhubungan dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen. 

XT artinya eXtended Technologi. Istilah untuk komputer yang menggunakan processor Intel 8086/8088.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini