Pengertian Dan Sejarah Jejaring Sosial (Social Network)

- 8/09/2017

 Sejarah Jejaring Sosial

Jejaring sosial pertama kali muncul berasal dari atas ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Ide ini dikembangkan agar manusia yang saling tak mengenal menjadi kenal satu sama lain. Kehadiran jejaring sosial pertama kali diawali dengan munculnya Sixdegress.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama kali di dunia.
Pada tahun 1999 dan tahun 2000 mulai muncul situs jejaring sosial bernama Lunarstrom, Live Journal, dan Cyword dengan system informasi yang searah. Tahun 2003 mulai bermunculan situs jejaring sosial lain dengan berbagai macam kategori seperti Flikr, Youtube, dan MySpace. Selain Friendster.
Kemudian pada tahun 2006, kehadiran Facebook langsung menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada tahun 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna.
Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter dibatasi dalam berkicau maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro blogging populer. 
Pembatasan mengakibatkan orang-orang menulis hal-hal penting saja, hal ini juga mengurangi status-status alay seperti pada Facebook saat ini. Selanjutnya pada tahun 2010 munculah jejaring sosial yang bernama Friendster, situs jejaring sosial ini sangat populer selama beberapa tahun kedepan hingga akhirnya tergusur oleh adanya situs jejaring sosial yang baru. Friendster tergusur karena popularitasnya yang turun, penggunanya lebih memilih Facebook ketimbang Friendster.
Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg. Google+ memiliki tampilan seperti halnya di Facebook. Jejaring sosial ini yang di gadang-gadang akan menyaingi Facebook milik Mark Zukerberg.

Pengertian Jejaring Sosial

Setelah kalian membaca sejarah dari jejaring sosial itu sendiri, selanjutnya kita akan membahas lebih lengkap lagi tentang jejaring sosial. Dalam bab ini akan dibahas secara jelas dan terperinci tentang jejaring sosial agar kalian mengenal lebih jelas tentang jejaring sosial. Jejaring sosial adalah sebuah struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik. Jejaring sosial bisa diartikan sebagai sarana pemersatu antara individu satu dengan individu yang lain sehingga menjadi sebuah sosial yang saling berkaitan (berinteraksi) satu sama lain.
 
Gambar: Individu (bola) saling berhubungan membentuk
sebuah hubungan satu sama lain
Jaringan jejaring sosial dipandang sebagai suatu hubungan sosial yang biasa dikatakan sebagai sebuah simpul dan ikatan. Simpul adalah individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar individu tersebut dengan individu lain. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
 
Gambar: Jejaring sosial yang mampu menghubungkan 
individu satu dengan yang lain
Gambar diatas menjelaskan tentang kemampuan jejaring sosial dalam kehiudupan manusia. Bisa dilihat dengan jelas oleh kita semua bahwa jejaring sosial mampu membuat manusia saling berhubungan walaupun jarak jauh dan menghasilkan sebuah sosial sehingga manusia dapat mengenal satu sama lain.
Kumpulan dari individu disebut dengan komunitas. Komunitas ini terbentuk karena kebiasaan individu berinteraksi dengan individu lain kemudian muncul sebuah kumpulan individu yang saling berinteraksi. Banyak manfaat yang bisa diambil dari jejaring sosial. Manfaat nyatanya dalam kehidupan sehari-hari yaitu mempunyai banyak teman akrab. Manusia disebut sebagai makhluk sosial, sebutan ini dikemukakan karena manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia memerlukan bantuan dari orang lain. Untuk itu, manusia perlu bersosialisasi sehingga dibuatlah sebuah jejaring sosial untuk mendukung kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Macam-Macam Jejaring Sosial

Taukah Anda, jejaring sosial banyak macamnya tidak hanya satu atau dua tetapi banyak sekali. Namun yang paling popular hanya beberapa situs jejaring sosial saja seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Berikut macam-macam jejaring sosial:

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini