Pengertian Karotenoid Menurut Para Ahli

- 8/12/2017
Apa Itu Karotenoid?
Karoten
Karotenoid merupakan pigmen organik yang terdapat secara alami pada khromoplast dari tanaman, organisme photosintesis seperti alga (Spirulina plantesis, Dunaliella sp) serta beberapa tipe dari jamur dan bakteri. 

Merupakan salah satu jenis pewarna pada makanan dan merupakan kelompok pigmen terbesar yang diproduksi di alam dengan produksi tahunan diperkirakan mencapai 100.000.000 ton. 

Sebagian besar merupakan fucoxantin yang diproduksi dari alga yang hidup di lautan dan juga tiga pigmen utama yaitu lutein, violaxanthin, dan neoxanthin pada daun hijau. 

Karatenoida memegang dua peranan penting pada tanaman dan alga yaitu untuk menyerap energi cahaya yang akan digunakan dalam proses fotosintesisi dan melindungi klorofil dari fotodamage (Armstrong G.A., Hearst J.E., 1996). 

Untuk mendapat karotenoid biasa didapat dari ekstraksi beberapa bahan, seperti wortel, broccoli, kulit citrus, Spirulina plantesis , dunaella sp, tomat. Warna dari karatenoida banyak menarik perhatian dari berbagai disiplin ilmu karena bermacammacam fungsi dan sifat yang penting, warnaya berkisar dari kuning pucat sampai orange yang terkait dengan strukturnya. 
Karena permintaan yang tinggi dari karotenoid juga memunculkan suatu teknologi sintesis karotenoid ( David H. Watson, 2002)

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini