-->

Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

- 8/10/2017
Penginderaan Jauh (Remote Sensing) - Berdasarkan hasil penelitian para ahli penginderaan jauh selama ini serta adanya kebutuhan  bagi pembangunan nasional, maka pemerintah telah memutuskan untuk membangun suatu  sistem Stasiun Bumi Satelit Penginderaan Jauh yang pelaksanaannya dipercayakan kepada LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Sistem yang dibangun disesuaikan dengan perkembangan saat ini, yaitu dapat menerima dan mengolah data dari berbagai satelit yang diorbitkan dari bumi. 
Penginderaan Jarak Jauh
Melalui pendidikan yang modern, para ahli diharapkan mampu mengolah (menginterpretasi, mengoreksi, dan menyajikan) data dari satelit agar dapat digunakan  untuk membantu pembangunan.  

Beberapa satelit yang diluncurkan dari bumi oleh beberapa negara maju antara lain:
  1. LANDSAT milik Amerika Serikat 
  2.  SPOT milik Perancis 
  3. ERSI (Earth Resources Satellite) milik Badan Antariksa Eropa (ESA).
 Banyak kegunaan hasil pemotretan bumi dari satelit merupakan perkembangan dari pengukuran permukaan bumi dengan alat ukur tanah yang dikembangkan dengan foto udara dan kemudian dengan satelit.
  
PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH
Berikut adalah pengertian Pengindraan jauh menurut beberapa ahli:
  • Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna (Curran, 1985). 
  • Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas jauh dari objek yang diindera (Colwell, 1984). Foto udara, citra satelit, dan citra radar adalah beberapa bentuk penginderaan jauh. 
  • Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu ilmu untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh (Campbell, 1987). Hal ini biasanya berhubungan dengan pengukuran pantulan atau pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu objek.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini