-->

Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

- 8/07/2017
Ilustrasi Rencana
Pengertian Perencanaan Menurut Pendapat Para Ahli
Pengertian Perencanaan menurut Cunningham adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, imajinasi, fakta dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan tersebut, urutan kegiatan yang diperlukan dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian. Perencanaan dalam hal ini menekankan pada usaha menyeleksi dan menghubungkan sesuatu dengan kepentingan masa yang akan datang serta usaha untuk mencapainya. Apakah wujud yang akan datang itu dan bagaimana usaha untuk mencapainya merupakan perencanaan.

Menurut Arthur W. Steller, Pengertian Perencanaan ialah hubungan antara apa yang ada sekarang dengan bagaimana yang seharusnya, dimana bertalian dengan kebutuhan, prioritas, penentuan tujuan, program dan alokasi sumber. Bagaimana seharusnya yaitu mengacu pada masa yang akan datang. Perencanaan dalam hal ini menekankan kepada usaha datang disesuaikan dengan apa yang dicita-citakan, menghilangkan jarak antara keadaan sekarang dengan keadaan mendatang yang diinginkan.

Stephen P. Robbins mengemukakan bahwa Pengertian Perencanaan yaitu suatu cara untuk mengantisipasi dan menyeimbangkan perubahan. Dalam pengertian perencanaan ini ada pendapat bahwa perubahan selalu saja terjadi. Perubahan dalam lingkungan ini selalu diantisipasi dan hasil antisipasi ini dipakai agar perubahan itu dapat berimbang. Artinya bahwa perubahan yang terjadi di luar organisasi pengajaran tidak jauh berbeda dengan perubahan yang terjadi pada organisasi tersebut, dengan harapan agar suatu organisasi tidak mengalami keguncangan. Jadi, makna perencanaan di sini ialah usaha mengubah organisasi agar sejalan dengan perubahan lingkungannya.

Dari ketiga pengertian perencanaan di atas, memperlihatkan rumusan dan tekanan yang berbeda. Yang ertama mencari wujud yang akan datang serta usaha untuk mencapainya, yang kedua menghilangkan kesenjangan antara keadaan sekarang dengan keadaan masa mendatang dan yang ketiga mengubah keadaan agar sejalan dengan keadaan lingkungan yang juga berubah-ubah. Namun pada dasarnya ketiganya bermakna sama, yaitu ingin mencari dan mencapai wujud yang akan datang, akan tetapi yang pertama dan kedua tidak dinyatakan secara eksplisit bahwa wujud yang dicari itu akibat terjadinya perubahan, termasuk juga perubahan dalam cita-cita.

Berdasarkan rumusan diatas, dapat dibuat rumusan baru tentang apa itu pengertian perencanaan. Pengertian Perencanaan adalah suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan dapat berjalan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipatif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sumber :- Hamzah B. Uno, 2007. Perencanaan Pembelajaran. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini