-->

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis)

- 8/24/2017
Pengertian SIG
Apa Itu SIG atau Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputeryang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.

Berikut ini, beberapa definisi SIG menurut para ahli: 
Menurut Aronaff, 1989. SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian. 

Menurut Barrough, 1986. SIG merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia. 

Menurut Marble et al, 1983. SIG merupakan sistem penanganan data keruangan. 

Menurut Berry, 1988. SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan. 

Menurut Calkin dan Tomlison, 1984. SIG merupakan sistem komputerisasi data yang penting.
Menurut Linden, 1987. SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi. 

Menurut Petrus Paryono. SIG adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi. 

1 komentar:

avatar

wau bagus sekali gan cara penympaian artikel mengenai gis nya sangat membantu sekali terimakasih gan kunjungi website saya
http://sudarwin.mahasiswa.atmaluhur.ac.id /
website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini