-->

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

- 8/24/2017
Defenisi Sosialisasi
Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli, sebagai berikut :
Pengertian Sosialisasi menurut James W Vander Zanden adalah suatu proses interaksi sosial dimana orang memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

Menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt, Pengertian Sosialisasi ialah proses seseorang dalam menghayati norma-norma kelompok dimana dia hidup, sehingga timbullah jati diri yang unik.

David B Brinkerhoft dan Lynn K White mengatakan bahwa Pengertian Sosialisasi merupakan suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial.
Dari pengertian sosialisasi yang diungkapkan para ahli di atas, dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Sosialisasi adalah suatu proses interaksi sosial untuk memperoleh pengetahuan, sikap dan nilai dalam lingkungan bermasyarakat.

Ada 2 hal penting dalam suatu proses sosialisasi. Yang pertama tentang proses, yaitu suatu transmisi pengetahuan, nilai, sikap, norma dan perilaku esensial. Yang kedua tentang tujuan, yaitu sesuatu yang diperlukan agar mampu berpartisipasi efektif dalam masyarakat.
Sumber
- Damsar, 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. PT Kencana Prenada Media : Jakarta.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini