-->

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

- 8/16/2017
Apakah Ideologi Itu?
Defenisi Ideologi
Istilah ideologi biasanya disejajarkan dengan konotasi yang berhubungan dengan istilah politik. Definisi ideologi pada kamus Oxford adalah: “a system of ideas and ideals, especially one which forms the basis of economic or political theory and policy” 1995: 589). 

Beberapa penerjemah percaya bahwa penerjemahan itu sendiri adalah tindakan politik seperti yang dikatakan Taher-Gurcaglar dalam Behrouz Karaubi di www. behrouzkaroubi@hotmail.com bahwa “Translation is political because, both as activity and product. It displays process of negotiation among different agents. On micro-level, these agents are translators, authors, critics, publishers, editors and readers”. 

Sementara Karl Marx mendefinisikan ideologi sebagai berikut: “Ideology as action without knowledge (false consciousness). Ideology is sometimes defines in its negative political sense as a system of wrong, false, distorted or otherwise misguided belief “(Calzada-Perez dalam Karaubi). 

Menurut Calzada-Perez definisi ideologi sekarang lebih dihubungkan dengan konsep dominasi kekuatan dan dominasi hubungan, seperti dikatakannya berikut ini: “ (Ideology is) ideas and beliefs which help to legitimate the interest of ruling group or class by distortion or dissimilation”. Pandangan ini, pada kenyataannya, membentuk dasar atau fundamental pemikiran postkolonial yang menekankan pada kekuatan hubungan yang mempengaruhi adanya pertukaran budaya. 

Akan tetapi Calzada-Perez mengatakan lagi bahwa bagaimanapun juga kadang-kadang ideologi itu mempunyai sense yang positif sabagai alat untuk melegitimasi keinginan-keinginan pada kelompok sosial tertentu (daripada hanya sebagai ‘alat’ untuk menghancurkan musuh).

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini