-->

Dampak Penyalahgunaan IPTEK Pada kehidupan

- 8/12/2017
Pada saat ini perkembangan iptek sudah sedemkian pesatnya, bahkan telah berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia dan pengaruh tersebut menyangkut pola pikir,pola kerja, pola hidup maupun tingkah lakunya. Semestinya semakin tinggi penguasaan terhadap iptek harusnya manusia semakin kritis dalam berpikir, semakin disiplin dalam bekerja,dan semakin efisien dalam bertindak. Akan tetapi pada kenyataanya kebanyakan manusia justru semakin serasa dibuai dengan semua fasilitas dan produk yang di hasilkan oleh iptek tersebut. 
Penyalahgunaan IPTEK
Dampak langsung dari kemajuan iptek adalah kemudahan-kemudahan dalam beraktifitas. dampak negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni,dapat mengakibatkan masyarakat semakin terbuai, karena mereka hampir tak sadar bahwa ternyata dirinya telah berada dalam situasi pola hidup konsumtif, hedonistic, dan materialistic. 

Perkembangan iptek yang demikian pesat mampu menciptakan perubahan-perubahan yang berpengaruh langsung pada kehidupan masyarakat, khususnya dalam elemen-elemen sebagai berikut,
  1. Perubahan di bidang intelektual ; masyarakat meninggalkan kebiasaan lama atau kepercayaan tradisonal, mereka mulai mengambil kebiasaan serta kepercayaan baru, setidaknya mereka telah melakukan reaktualisasi. 
  2. Perubahan dalam organisasi sosial yang mengarah pada kehidupan politik. 
  3. Perubahan dan benturan-benturan terhadap tata nilai dan tata lingkungan. 
  4. Perubahan di bidang industri dan kemampuan di medan perang.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini