Istilah Istilah dalam Biologi dan Artinya

- 8/12/2017
Biologi merupakan cabang ilmu yang penting karena Biologi berkaitan erat dengan kehidupan manusia (JohnW. Kimball, 2005). Dalam kehidupan kita sehari-hari banyak istilah Biologi yang kita gunakan dan dipakai juga dalam bahasa Indonesia, antara lain:
Istilah Biologi
  1. Alergi, berasal dari kata Allergy yang memiliki arti suatu respons imun yang berlebihan, yaitu hipersensivitas (kepekaan luar biasa) terhadap suatu antigen.
  2. Biologi, terdiri atas kata bios dan logos, bios berarti hidup dan logos yang berarti ilmu. Jadi, Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. 
  3. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang artinya, asam deoksiribo nukleat, DNA merupakan gen pembawa sifat.
  4. Enzim, berasal dari kata Enzyme, katalis protein yang dihasilkan organisme hidup. 
  5. Hemoglobin, berasal dari kata Haemoglobin yang merupakan gabungan molekul haem dengan protein globin. Hemoglobin merupakan protein sel darah merah yang memungkinkan darah mengangkut oksigen; pigmen darah merah yang disingkat dengan Hb.
  6. Hormon, berasal dari kata Hormone. Hormon adalah, zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu misalnya kelenjar gondok dalam jumlah kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lainnya serta mempunyai pengaruh khas.
  7. Kromosom, berasal dari kata Chromosome. Kromosom merupakan bagian kromatin inti sel yang berceraian apabila sel terbelah, yang merupakan rangkaian pendukung jenis benda hidup.
  8. Kanker, berasal dari kata Cancer. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon sehingga mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal.
  9. Klorofil, berasal dari kata Chlorophyll, yakni pigmen penghijau tumbuhtumbuhan yang terpenting dalam proses fotosintesis.
  10. Metabolisme, berasal dari kata Metabolism yang berarti pertukaran zat pada organisme yang meliputi proses fisika dan kimia.
  11. Pigmen, berasal dari kata Pigment yang berarti zat warna tubuh manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini