Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

- 8/11/2017
Pengertian Administrasi
Gambar Pengertian Administrasi
Administrasi dapat dibedakan dalam 2 pengertian yaitu :
  1. Administrasi dalam arti sempit, yaitu dari kata Administrative (bahasa belanda), yang meliputi kegiatan : catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang berdifat teknis ketatausahaan (clerical work). Jadi tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari pada administrasi yang akan dipelajari.
  2. Administrasi dalam arti luas dari kata Administration (bahasa inggris), dibawah ini akan dikemukakan beberapa pendapat, arti atau definisi dari pada administrasi dalam arti luas, yaitu,
Menurut leonard D.White definisi administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, negara atau swasta,sipil, atau militer, usaha yang besar atau kecil.

H.A Simon definisi administrasi adalah sebagai kegiatan dari pada kelompok yang mengadakan kerja sama untuk menyelesaikan tujuanbersama.

William H.Newman, administrasi didefinisikan sebagai bimbingan,kepemimpinan dan pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individuindividu terhadap tercapainya tujuan bersama.

Administrasi dapat dibedakan dalam 2 golongan yaitu :
  1. Administrasi negara (Public Administration) yaitu kegiatankegiatan/proses/usaha di bidang kenegaraan.
  2. Administrasi swasta/niaga (private/business administration) yaitu kegiatan-kegiatan/proses/usaha yang dilakukan di bidang swasta/niaga. Administrasi niaga dapat diartikan sebagai kegiatankegiatan dari pada organisasi-organisasi niaga dalam usahanya mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan (profit making).
Sumber: Drs.Soewarno Handayaningrat.1982.Ilmu Administrasi dan managemen.PT.Gunung Agung.Jakarta

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini