-->

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

- 8/14/2017
Pengertian Cerpen - Berikut di uraikan tentang pengertian Cerpen menurut beberapa ahli :
Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli
Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli
Joko Sumardjo, cerpen adalah cerita yang pendek. Pendek berarti cerita yanghabis dibaca sekitar 10 menit, atau sekitar setengah jam. Cerita yang dapat dibaca sekali duduk. Atau cerita yang terdiri dari 500 hingga 5000 kata. Bahkan ada pulacerpen yang berisikan beberapa puluh dan ribuan kata, itulah yang dikatakan cerpen yang panjang. Pada umumnya cerpen-cerpen Indonesia bersikan 5-4 lembar folio dengan maksimal 20 lembar folio yang menggunakan spasi rangkap.

Burhan Nurgiyantoro, cerpen adalah cerita sebagai sebuah narasi berbagai kejadian yang sengaja di susun berdasarkan urutan waktu.

Aminuddin, cerpen adalah kisahan cerita yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi penceritanya sehingga menjalin suatu cerita.

Tarigan, cerpen adalah cerita rekaan yang masalahnya jelas, singkat, padat dan terkonsentrasi pada satu cerita. Jadi, sangatlah jelas bahwa kelebihan cerpen yaitu kemampuannya dalam mengemukakan secara lebih banyak dan implisit darisekedar apa yang diceritakan dan mengandung kesan tunggal.

Susanto, cerita pendek adalah cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata ataukira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

H.B. Jassin - Sang Paus Sastra Indonesia - mengatakan bahwa yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.

A. Bakar Hamid dalam tulisan “Pengertian Cerpen” berpendapat bahwa yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500-20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, danadanya satu kesan.

Aoh. KH, mendefinisikan bahwa cerpen adalah salah satu ragam fiksi atau ceritarekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini