Pengertian Dan Klasifikasi Karbohidrat

- 8/12/2017
Pengertian Karbohidrat : Karbohidrat adalah senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O. Karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural dan metabolik. Sedangkan pada tumbuhan untuk sintesis CO2 +H2O yang akan menghasilkan amylum/selulosa, melalui proses fotosintesis, sedangkan binatang tidak dapat menghasilkan karbohidrat sehingga tergantung tumbuhan. 
Sumber Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi dan cadangan energi yang melalui proses metabolisme.Banyak sekali makanan yang kita makan sehari-hari adalah sumber karbohidrat seperti nasi, singkong, umbi- umbian, gandum, sagu, jagung, kentng, dan beberapa buah-buahan lainnya. 

Klasifikasi karbohidrat : 
  1. Monosakarida Monosakrida terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air mejadi karbohidrat yang lebih sederhana. 
  2. Disakarida Disakarida adalah senyawa yang terbentuk dari 2 molekul monosakarida yang sejenis atau tidak. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi dua molekul monosakarida. 
  3. Oligosakrida Oligosakarida adalah senyawa yang terdiri dari gabungan molekulmolekul monosakarida yang banyak gabungan dari 3-6 monosakarida.
  4. Polisakarida Polisakarida adalah senyawa yang terdiri dari gabungan molekul-molekul monosakarida yang banyak jumlahnya, senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida. Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri dari enam monosakarida dengan rantai lurus atau cabang. Contoh : Amilum/tepung, glikogen, inulin,dekstrin dari hidrolisis pati, selulosa/serat tumbuhan, kitin, glikosaminoglikan, glikoprotein.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini