-->

Apa Itu Metabolisme?

- 8/12/2017
Metabolisme berasal dari bahasa yunani yaitu metabole yang artinya berubah. Metabolisme merupakan suatu rangkaian atau proses yang terarah dan teratur di dalam sel tubuhmelalui reaksi-reaksi kimiawi, sehingga diperlukan atau dihasilkan bahan-bahan tertentu seperti unsur, molekul, senyawa atau energi. Metabolisme dibedakan menjadi dua yaitu ; 
Sistem Tubuh
  1. Anabolisme (penyusunan) Anabolisme adalah peristiwa penyusunan senyawa kompleks (organik) dari senyawa sederhana (anorganik) dengan bantuan energi dari luar.Energi yang digunakan dapat berasal dari cahaya matahari (foton) maupun berasal dari pemecahan senyawa kimia anorganik.Karena dalam reaksi ini dibutuhkan energi dari luar maka reaksinya termasuk endotermis (endergonik). Contoh peristiwa anabolisme adalah fotosintesis (energi berasal dari cahaya matahari) dan kemosintesis (energinya berasal dari pemecahan senyawa kimia anorganik). 
  2. Katabolisme ( Pemecahan) Katabolisme adalah peristiwa pemecahan senyawa kompleks( organik) menjadi senyawa sederhana (anorganik) yang akan membebaskan energi.Karena reaksi ini menghasilkan energi maka reaksinya termasuk eksotermis (ekergonik). Contoh peristiwa katabolisme adalah fermentasi.
 Metabolisme adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat -zat yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya. 

Metabolisme juga dapat diartikan sebagai proses pengolahan (pembentukan dan penguraian “Katabolisme dan Anabolisme” ) zat-zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya. 

Kelainan Metabolisme adalah keadaan tubuh yang tidak mampu menjalankan proses metabolisme karena sesuatu dan lain hal. Yang paling berpengaruh bisa atau ketidak bisaan tubuh ialah disebabkan oleh kelainan tidak memiliki suatu enzim yang diperlukan untuk membantu metabolisme. 

Kelainan metabolisme seringkali disebabkan oleh kelainan genetik yang mengakibatkan hilangnya enzim tertentu yang diperlukan untuk merangsang suatu proses metabolisme. 

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini