-->

Pengertian ERD dan Flowchart

- 8/05/2017

Apa Itu ERD? 

ERD merupakan salah satu model yang digunakan untuk mendesain database dengan tujuan menggambarkan data yang berelasi pada sebuah database. Umumnya setelah perancangan ERD selesai berikutnya adalah mendesain database secara fisik yaitu pembuatan tabel, index dengan tetap mempertimbangkan performance. 

Contoh ERD
Kemudian setelah database selesai dilanjutkan dengan merancang aplikasi yang melibatkan database. Komponen pada entity relationship diagram berupa himpunan entitas dan himpunan relasi. Komponen akan ditransformasikan menjadi tabel-tabel. Atribut pada diagram entity relationship dinyatakan sebagai field dari tabel.

Flowchart

Flowchart atau bagan alir sistem (system flowchart) adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
Contoh Flowchart

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini