Pengertian dan Macam Macam Trauma

- 8/12/2017
Defenisi dan Pengertian Trauma
Penyakit Trauma adalah suatu penyakit yang terjadi pada bagian saraf. Apabila terjadi benturan-benturan kecil sekalipun akan mengakibatkan fraktur pada penyakit ini. Benturan keras yang dapat merusak tubuh inilah yang sering disebut sebagai trauma.

Trauma Terbagi Atas Beberapa Bagian, sebagai berikut :
Trauma Mekanik, Trauma Mekanik ialah terjadinya fraktur tulang yang patah. Hal ini terjadi jika seseorang mempertahankan dirinya terhadap suatu benturan atau pukulan, kemungkinan besar os ulnaris-nya akan patah. Tulang radius juga akan patah jika seseorang jatuh kemudian ia bertopang badan dengan menggunakan  salah satu dari tangannya saja. 

Trauma Panas, Trauma Panas dapat terjadi karena adanya jaringan yang terbakar sacara langsung atau membeku, akibat dari tekanan suhu yang terlalu dingin. Bisa juga secara bertahap seluruh tubuh mendapatkan panas yang berlebihan atau karena dingin yang terlalu rendah.

Trauma Bahan Kimia, Trauma bahan kimia dapat terjadi diakibatkan karena memakan racun, misalnya fosfor kucing yang terdapat dalam korek api zaman dahulu.

Trauma Listrik, Trauma listrik merupakan bentuk syok akibat tersengat listrik bertegangan 220 volt. trauma seperti ini bisa merusak otak, jantung bahkan sering mengakibatkan kematian.

Trauma Radiasi, Trauma radiasi dapat terjadi akibat hujan debu radioaktif yang berasal dari letusan bom. Bahkan cahaya matahari juga dapat menyebabkan trauma (sunburn) ini.

Trauma Biologi, Trauma biologi dapat terjadi disebabkan oleh bakteri, virus, penyakit, parasit malaria, gigitan ular dan sebagainya.

Trauma Emosi, Trauma emosi biasanya terjadi disebabkan oleh teman sendiri atau sesama manusia.

- Sholeh S. Naga, 2011. Ilmu Penyakit Dalam. Yang Menerbitkan DIVA Press : Jogjakarta.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini