Pengertian Kamus Data Menurut Para Ahli

- 8/12/2017
Apa itu Kamus Data?
Kamus Data
Di bawah ini adalah pendapat dari beberapa ahli mengenai pengertian kamus data, yaitu sebagai berikut:

Kamus Data menurut Tata Sutabri, dalam bukunya “Analisa Sistem Informasi” adalah : “Kamus Data dibuat berdasarkan arus data yang ada pada Data Flow Diagram. Arus data yang ada di DFD bersifat global dan hanya menunjukkan nama arus datanya saja”.

Menurut Krismiaji dalam bukunya yang berjudul, “Sistem Informasi Akuntansi”, yang dimaksud dengan kamus data adalah: “Kamus data adalah salah satu komponen kunci dalam sistem manajemen database adalah file khusus yang disebut kamus data (data dictionary). Kamus data berisi tentang struktur database. Untuk setiap elemen database, seperti nomor pelanggan, diuraikan secara lengkap mulai dari nama, tempat penyimpanan, program komputer yang berhubungan dan lain-lain”.

Sedangkan menurut Jogiyanto dalam bukunya yang berjudul “Analisis dan Disain”, yang dimaksud dengan kamus data adalah: “Kamus data adalah katalog data tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi”.

Dengan menggunakan kamus data analis sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir di sistem dengan lengkap. Kamus data ikut berperan dalam perancangan dan pengembangan sistem karena berfungsi untuk:
  1. Menjelaskan arti aliran data dan penyimpanan dalam penggambaran data flow diagram.
  2. Mendeskripsikan komposisi paket data yang bergerak melalui aliran.
  3. Menjelaskan spesifikasi nilai dan satuan yang relevan terhadap data yang mengalir dalam sistem tersebut.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini