Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

- 8/09/2017
Pengertian Statistika , Kata statistika dengan statistik mempunyai arti yang berbeda. Definisi Statistik adalah sekumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan. Sedangkan Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan. Dibawah ini ada beberapa pengertian statistika menurut para ahli. Pengertian Statistika menurut para ahli:

Marguerrite F. Hall : Statistika merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka. 

Anderson & Bancrofi : Statistika adalah ilmu dan seni mengembangkan dan menerapkan metoda yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi, menginterpretasi kan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdeasarkan matematika probabilitas. 

Sujana : Statistika ialah Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpuam fakta, pengolahan serta penganalisanya, penarikan kesimpulan, penyajian dan publikasi dari datadata yang berbentuk angka. 

Sudrajat : Statistika merupakan Ilmu pengetahuan mengenai cara dan aturan dalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan keseimpulan, penyajian dan publikasi dari kata-kata yang berbentu angka . 
Menurut wikipedia, Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Umumnya suatu data diikuti atau dilengkapi dengan keterangan-keterangan yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau keadaan tertentu. Statistika sendiri terbagi menjadi berberapa bidang. Salah satunya adalah statistika pendidikan dan statistika sosial. 

Sebagai ilmu pengetahuan pada dasarnya statistika memiliki tiga ciri khusus yaitu :
  • Selalu bekerja dengan ngka 
  • Bersifat objektif 
  • Bersifat universal

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini