-->

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

- 9/04/2017
Ekonometrika adalah
Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli, sebagai berikut :
Pengertian Ekonometrika Menurut J Scumpeter adalah aplikasi dari metode spesifik dalam ilmu ekonomi (di segala bidang) yang berusaha untuk memperoleh hasil dalam rangka (numerical result) dan membuktikan (verification) teori-teori ekonomi.

Menurut Jan Tinbergen, Pengertian Ekonometrika ialah sebagai pengamatan statistik terhadap konsep-konsep yang dihasilkan secara teoritis atau dapat dikatakan sebagai ilmu ekonomi matematik yang bekerja dengan data kuantitatif.

P.A. Samuelson dan T.C. Koopmans mengemukakan Pengertian Ekonometrika merupakan analisis kuantitatif dari fenomena-fenomena ekonomi yang sebenarnya (aktual) yang didasarkan pada pengembangan yang bersamaan antara teori dengan pengamatan, yang dihubungkan dengan metode inferensi yang sesuai.

Pengertian Ekonometrika menurut Arthur S. Goldberger yaitu sebagi ilmu sosial dimana alat-alat teori ekonomi, statistik dan matematika inferensi diterapkan untuk menganalisis fenomena-fenomena ekonomi.

Menurut Gerhard Tintner, Pengertian Ekonometrika adalah hasil dari suatu pandangan khusus atas peranan ilmu ekonomi, yang terdiri atas penerapan statistik matematik atas data ekonomi untuk memberikan dukungan empiris terhadap model-model yang disusun dengan ilmu ekonomi matematis dan untuk memperoleh hasil dalam angka.

Pendapat C.E.V. Leser mengenai Pengertian Ekonometrika ialah disiplin ilmu yang berusaha membuat hubungan kuantitatif diantara variabel-variabel ekonomi dengan bantuan metode statistik.

Pengertian Ekonometrika Menurut pandangan Michael D. Intriligator merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan penaksiran (estimation) empiris dari hubungan-hubungan ekonomi.

Dari pengertian ekonometrika menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Ekonometrika adalah suatu bidang ilmu yang merupakan perpaduan atau kombinasi dari ilmu ekonomi (economic theory), matematika ekonomi (mathematical economics) dan statistik (statistics) untuk menganalisis teori ekonomi secara kuantitatif berdasarkan data empiris.
Sumber : 
- Muhammad Firdaus, 2011. EKONOMETRIKA (Suatu Pendekatan Aplikatif). Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini