Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

- 9/06/2017
Apa Itu Jaringan Komputer?
Computer Network
Pengertian menurut para ahli yaitu, Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu untuk mengatur seluruh anggotanya dalam melakukan aktivitas komunikasi.

Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan host secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (Tanenbaum, 2000:2).

Menurut Budhi Irawan (2005:5) Jaringan Komputer adalah sebuah system yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Dapat disimpulkan bahwa Jaringan Komputer merupakan sebuah sistem komputer-komputer, printer, dan peralatan lainnya yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan mengakses informasi. 

Dua buah jaringan yang saling terhubung masing-masing memiliki satu kartu jaringan dan kabel atau nirkabel sebagai transmisi data. Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel. Informasi dan data bergerak melalui kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain dengan T Connector diujungnya, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling berhubungan, bertukar dokumen dan data, mencetak dokumen dan data pada printer yang sama, dan bersama-sama mengunakan hardware dan software yang terhubung dalam jaringan. T Connector merupakan konektor listrik yang menghubungkan tiga kabel bersama-sama. Dikatakan sebagai T Connector karena berbentuk huruf T.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini