Pengertian Kopling
Kopling adalah suatu elemen mesin yang berfungsi untuk mentransmisikan daya dari poros penggerak (driving shaft) ke poros yang digerakkan (driven shaft), dimana putaran inputnya akan sama dengan putaran outputnya. Tanpa kopling, sulit untuk menggerakkan elemen mesin sebaik-baiknya. Dengan adanya kopling pemindahan daya dapat dilakukan dengan teratur dan seefisien mungkin.
- Mampu menahan adanya kelebihan beban.
- Mengurangi getaran dari poros penggerak yang diakibatkan oleh gerakan dari elemen lain.
- Mampu menjamin penyambungan dua poros atau lebih.
- Mampu mencegah terjadinya beban kejut.
- Kopling harus mudah dipasang dan dilepas
- Kopling harus dapat mentransmisikan daya sepenuhnya dari poros
- Kopling harus sederhana dan ringan
- Kopling harus dapat mengurangi kesalahan hubungan pada poros
- Kopling Tetap
- Kopling Tak Tetap
Kopling tetap adalah suatu elemen mesin yang berfungsi sebagai penerus putaran dan daya dari poros penggerak ke poros yang digerakkan secara pasti (tanpa terjadi slip), dimana sumbu kedua poros tersebut terletak pada satu garis lurus atau dapat sedikit berbeda sumbunya. Kopling tetap selalu dalam keadaan terpasang, untuk memisahkannya harus dilakukan pembongkaran.
Kopling tetap terbagi atas 4:
1. Kopling kaku
Kopling kaku dipergunakan bila kedua poros harus dihubungkan sumbu segaris, dan dipakai pada poros mesin dan transmisi umum di pabrik-pabrik, kopling ini terdiri atas :
- Kopling bus
- Kopling flens kaku
- Kopling flens tempa
Kopling luwes ( fleksibel ) memungkinkan adanya sedikit ketidaklurusan sumbu poros yang terdiri atas:
- Kopling flens luwes
- Kopling karet ban
- Kopling karet bintang
- Kopling gigi
- Kopling rantai
Kopling universal digunakan bila kedua poros akan membentuk sudut yang cukup besar, terdiri dari:
- Kopling universal hook
- Kopling universal kecepatan tetap
4. Kopling Fluida
Penerusan daya dilakukan oleh fluida sehingga tidak ada hubungan antara kedua poros. Kopling Fluida sangat cocok untuk mentransmisikan putaran tinggi dan daya yang besar. Keuntungannya adalah getaran dari sisi penggerak dan tumbukan dari sisi beban tidak saling diteruskan. Demikian pula pada waktu terjadi pembebanan lebih , penggerak mula tidak akan terkena momen yang akan melebihi batas kemampuan.
Kopling Tidak Tetap
Kopling tidak tetap adalah kopling yang digunakan untuk menghubungkan poros penggerak dan poros yang digerakkan dengan putaran yang sama saat meneruskan daya. Kopling juga dapat melepaskan hubungan kedua poros tersebut dalam keadaan diam maupun berputar tanpa harus menghentikan putaran dari poros penggerak.
Kopling tak tetap meliputi:
1. Kopling cakar, terdiri dari:
- Kopling cakar persegi
- Kopling cakar spiral
- Kopling kerucut
- Kopling friwil
a. Menurut jumlah pelatnya:
- Kopling pelat tunggal
- Kopling pelat banyak
- Kopling pelat cara manual
- Kopling pelat cara hidrolik
- Kopling pelat cara pneumatik
- Kopling pelat kering
- Kopling pelat basah