Istilah Penting dalam Dunia IT Bagian 2

- 8/12/2017
Kamus Anak IT Bagian 2
3G artinya Third-Generation, istilah ini yang digunakan oleh ITU (international Telecommunication United), merupakan organisasi yang menagani pengembangan telekomunikasi, menunjukan kepada teknologi mobile komunikasi, misalnya ponsel 3G mampu memberikan daya transfer sampai dengan kecepatan 384 KBps, 128 KBps saat berkendaraan 2 MBps dengan menggunakan aplikasi tertentu. 

A2DP artinya Kepanjangan dari advance audio distribution profile. Sebuah profile Bluetooth yang digunakan untuk streaming audio, seperti menjalankan file-file musik dari ponsel dan mendengarkannya pada headphone wireless. Bila dibandingkan dengan headset atau headphone, A2DP sudah mendukung stereo satu arah ketimbang menggunakan system dua arah. 

AAC artinya Sinakatan dari advance audio coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format popular mp3 dalam bitrate dibawah 100 kbit/s. AAC merupakan format umum digunakan ketika melakukan kompresi cd audio pada apple ipod dan itunes (eksensi .m4a). format ini merupakan bagian standart motion picture experts grup (MPEG). 

Access Time artinya Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada Media penyimpanan maupun Memory. Access Time pada Hard Disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memoy menggunakan satuan nanodetik. Makin kecil angka Access Time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi. 

ADN artinya Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps. 

ADSL artinya Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ADSL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

ADWARE artinya Unwanted programs that, once installed, bombard users with unwanted adverts. Often those pushing the aware programs get paid for every machine they manage to recruit. 

AGP artinya Accelerated Graphics Port. Interface yang dikembangkan oleh Intel untuk mendukung pengolahan grafis berkecepatan tinggi pada processor Pentium II dan diatasnya. Algoritma - Alur logika berpikir manusia yang ditransformasikan kedalam langkah-langkah yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk barisbaris perintah dalam bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.

AM2+ artinya Adalah jenis socket terbaru dari AMD untuk mendukung prossesor K10 antara lain dengan tambahan fitur HyperTransport 3.0 dan advance power yang tidak dimilki oleh socket AM2. meskipun prosessor AM2 biasa tetap dapat dapat digunakan pada socket AM2+ ini, dan begitupun sebaliknya, prossesor AM2+ dapat dipasangkan pada socket AM2 biasa. 

Anonymous FTP artinya Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password. 

ANSI artinya Singkatan dari American National Standart Institute yang merupakan organisasi non profit yang beranggotakan kelompok bisnis dan industri amerika. Badan ini di dirikan pada tahun 1918. tujuan dari badan ini diantaranya adalah untuk standarisasi produk dan komunikasi. Dalam hal bahasa pemprograman, standart yang telah dikeluarkan adalah untuk bahasa cobol, C, dan fotran, standart yang disahkan oleh ANSI, sering disebut sebagai ANSI Standart, misalnya ANSI C, yaitu versi dari C yang disahkan oleh ANSI. 

ARPANet artinya Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII artinya American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111. 

AT artinya Advanced Technology. Sebutan untuk PC yang menggunakan processor Intel 80286 dan kompatibelnya. 

ATA artinya AT Attachment, juga dikenal sebagai IDE (Integrated Drive Electronics). Adalah desain interface harddisk dengan controller yang terintegrasi didalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses. 

ATA-PI artinya ATA Packet interface. Adalah desain standar untuk device seperti CD-ROM dan tape driveyang disambungkan ke interface ATA (IDE) konvensional. 

APO artinya Apochormatic juga dikenal dengan sebagai “apochromat” merupakan lensa yang didesain untuk meminimalkan chromatic aberration, dengan memasukan tiga panjang gelmbang cahaya dalam daerah focus. Lensa jenis ini menawarkan koreksi yang bagus terhadap chromatic biasa, danditemukan di tahun 1868 oleh Ernst Abbe (1840-1905) of Carl Zeiss untuk dipakai dalam mikroskop. 

Backbone artinya Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network. 

Banner artinya Adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage. 

Bandwidth artinya Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. 

BASIC artinya Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan di Dartmouth College (Hanover, N.H.) pada tahun 1964 untuk digunakan pada komputer mini. Penemunya,Thomas E. Kurtz dan John G. Kemeny menyusun Basic sebagai bahasa pemrograman sederhana yang diperuntukkan bagi mereka yang baru pertama kali mempelajari komputer. Pada tahun 1980-an Bill Gates (sekarang pimpinan Microsoft) berhasil mengembangkan Basic untukplattform PC. Saat ini Basic telah berkembang menjadi bahasa Visual Basic untuk pemrograman berbasis Windows. 

Binaryartinya Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

BIOS artinya Basic Input/Output System. Adalah program yang memfasilitasi operasi input dan output pada sebuah komputer dan biasanya menggunakan bahasa mesin (assembly).

Bit artinya BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1. 

Bluetooth artinya Adalah sebuah spesifikasi industrial untuk personal area networking (PAN) nirkabel, biasa disebut juga IEEE802.15.1. Bluetooth menawarkan koneksi dan pertukaran informasi antar perangkat digital yang menggunakan teknologi Bluetooth juga, seperti personal digital assistants, ponsel, laptop, computer desktop, printer, dan kamera digital. Melalui jaringan frekuensi radio yang aman serta rendah biaya. 

Bottleneck artinya Sumbatan leher botol. Istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan yang terjadi apabila piranti keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja piranti pemrosesan sehingga memperlambat kerja sistem secara keseluruhan. 

Bps artinya Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. 

Browser artinya Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web 

Brute Force artinya Serangan yang menggunakan logika yang sama dengan menebak password, tetapi serangan brute force lebih cepat dan lebih powerfull. Dalam tipe serangan ini seorang penyerang menggunakan script yang akan mencoba password-password. Walaupun serangan bruteforce lebih efisien dari pada menebak password, kedua teknik tersebut pada dasarnya sama. Lebih jauh lagi, kedua teknik tersebut sangat mudah dilawan dengan menggunakan blacklisting, yang akan mengunci sebuah account user jika seseorang penyerang berkali-kali memasukan password secara tidak tepat.

Bug artinya Istilah untuk suatu cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses untuk menemukan dan mengatasi bug disebut sebagai debugging. 

Bus artinya Jalur utama aliran data antara processor ke komponen lainnya (seperti sound card, video card, memory) pada mainboard. 

Byte artinya Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

C artinya Bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Dennis Ritchie di Bell Laboratories pada tahun 1972. Bahasa C dikenal efisien dan sangat portabel sehingga dapat digunakan di berbagai plattform. Pada pertengahan era 1980-an, Bjarne Stroustrup dari Bell Laboratories mengembangkan bahasa C++ dengan menambahkan kemampuan OOP. 

Cache artinya Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanana sementara untuk file-file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network) 

CD-R artinya Compact Disk Recordable. Media penyimpanan sejenis CD-ROM yang dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan sebuah perangkat drive khusus. Berbeda dengan CD-ROM, dimana data langsung dituliskan pada saat keping CD diproduksi, CD-R dijual dalam kondisi kosong (blank). Proses perekaman dilakukan dengan bantuan perangkat lunak khusus dan diistilahkan sebagai burning. Data yang terekam didalamnya bersifat WORM (Write Once Read Many), artinya data hanya dapat ditulis sekali dan untuk selanjutnya hanya bisa dibaca.

CD-ROM artinya Compact Disk Read Only Memory. Media storage optikal yang secara fisik identik dengan CD-Audio yang telah lebih dahulu dipergunakan sebagai menyimpan rekaman suara. Media ini dibaca menggunakan perangkat CD-ROM Drive. Kecepatan akses CD-ROM drive biasanya diukur dengan satuan speed. 1x speed ekuivalen dengan 150 kBps (kilbyte per detik) yaitu kecepatan baca pada perangkat Audio CD. 

CD-RW artinya Compact Disk Recordable and reWritable. Pengembangan lebih lanjut dari media CD-R dimana data yang telah terekam dalam keping CD-RW dapat ditambah, diubah, atau dihapus sewaktu-waktu. 

CGI artinya Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI. 

cgi-binartinya Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan. 

CDMA artinya Code Division Multiple Access, system telephone seluler digital yang menggunakan skema akses jamak ini, seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm atau W-CDMA. CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan kali pertama pada perang dunia ke II oleh sekutu inggris untuk menggagalkan usaha jerman dengan cara menganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekkuensi sehingga menyulitkan jerman untuk menangkap sinyal dengan lengkap. Sejak itu, CDMA digunakan dalam banyak system telekomunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada system satelit OmniTRACS untuk logistic transportasi. System terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcom, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyurinsinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handolf dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

Chat artinya Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana barisbaris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard. 

Chatting artinya Istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat. 

Chipset artinya Chip-chip pada mainboard yang berperan sebagai jembatan aliran data antara subsistem sebuah PC. Chipset terbagi atas dua chip utama yang disebut northbridge dan southbridge. Chipnorthbridge bertugas untuk mengontrol aliran data dari processor, port AGP, dan memori utama sistem. Sementara itu, chip southbridge mengontrol aliran data dari bus PCI, interface hard disk, dan piranti eksternal lainnya. 

CHS artinya Cylinder Head Sector. Adalah cara konvensional untuk pengalamatan sector pada harddisk 

CISC artinya Complex Instruction Set Computing. Rangkaian instruksi builtin pada processor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksiinstruksi yang tersedia memudahkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk plattform CISC. Di lain pihak, banyaknya instruksi dalam CISC dapat mengurangi kecepatannya. CISC merupakan kebalikan dari RISC, biasanya digunakan pada keluarga processor untuk PC (Intel, AMD, Cyrix). 

Client artinya Adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user. 

Clock Set artinya Kecepatan sebuah processor yang merupakan perkalian dari sebuah nilai dengan FSB. 

CPU artinya Central Processing Unit. Unit pemroses sentral pada sebuah komputer. Umumnya CPU diartikan sebagai kotak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada processor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer. 

Database artinya Basis data. Sekumpulan informasi yang disusun sedemkian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field danrecord yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentukrecord. 

DDR-RAM artinya Double Data Rate-Random Access Memory. Tipe RAM yang bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada SDRAM. Biasanya digunakan pada PC dengan processor Pentium 4 atau yang setara.

Dial-Up artinya Adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringa telpon 

Dial-Up Networking artinya Adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon. 

DIVX artinya Sebuah codec video yang diciptakan oleh DIVX, Inc (sebelumnya DIVX Networks, Inc) yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video ukuran kecil dengan kualitas relative baik. DIVX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part2. karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhakcipta, DIVX menjadi kontrofersial. 

DNS artinya Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola. 

DOS artinya Disk Operating System. Adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada PChingga pertengahan era 1990-an. DOS pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft pada tahun 1981 sebagai sistem operasi standar untuk IBM-PC. Versi terakhir dari DOS adalah MS-DOS 6.3 yang diluncurkan pada tahun 1993. Belakangan, popularitas DOS mulai menyusut dan digantikan oleh sistem operasi yang lebih handal seperti Windows atau UNIX. 

Download artinya Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuahnetwork ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

Downstream artinya Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream. 

DPI artinya Dot Per Inch. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kehalusan hasil cetakan printer maupun tampilan di layar monitor. Makin tinggi DPI, tampilan akan terlihat semakin halus. 

DSL artinya Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN. 

DVD-ROM artinya Digital Versatile Disk-Read Only Memory. Jenis media penyimpanan dengan bentuk fisik mirip CD-ROM namun memiliki kapasitas yang jauh lebih tinggi serta kemampuan untuk menyimpan pada kedua sisinya. DVD-ROM biasanya digunakan untuk menyimpan file-file mutimedia berukuran besar 

E-Commerce artinya Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce. 

EDO artinya Enhanced Data Out. Modul memory yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari SIMM.

EDGE artinya Enhanced Data Rates for GSM evolution. Teknologi ponsel digital yang berkembang dari teknologi 2G dan 2.5G atau yang biasa disebut general packet radio service (GPRS). Teknologi EDGE bekerja baik untuk jaringan GSM dan TDMA. EDGE atau biasa dikenal sebagai GPRS, memberikan perkembangan teknologi yang disebut enchanced GPRS (EGPRS), yang dapat dipakai sebagai aplikasi packet switched seperti koneksi internet.

EISA artinya Extended Industry Standard Architecture. Arsitektur standar yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith, Tandy, dll) untuk standarisasi operasi 32 bit. 

Email artinya Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnyaartinya myname@mydomain.com. 

Ethernet artinya Protokol yang biasa digunakan dalam LAN. 

Favicon artinya Singkatan dari favorites icon yang merupakan sebuah icon mungil secara umum digunakan sebagai suatu penanda atau identitas khusus dari suatu situs, favicon pertama kali dipopulerkan karena kemunculannya pada faforites folder pada internet expller. Tetapi sekarang browser-browser seperti netscape, opera dan mozila dapat menimbulkan favicon di address bar. 

File artinya Dalam terminologi komputer, istilah ini megandung pengertian sebagai berkas elektronis yang berisi informasi dan ditempatkan dalam sebuah storage. 

Firewall artinya Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan. 70. Freewareartinya Software yang diedarkan secara gratis oleh pembuatnya. 

FSB artinya Front Side Bus. Kecepatan bus dari sistem pada mainboard. Sebagai contoh, processorPentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz (4 x 100 MHz) sedangkan AMD Athlon Thunderbird memiliki FSB 266 MHz (2 x 133 MHz) 

FTP artinya File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputeryang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP. 

Game Managenmentartinya Management merupakan papan game simulasi yang dirilis oleh Avalon hill pada tahun1960. pemain mengoprasikan sendiri perusahaan manufakturnya, membuat keputusan dalam membelipersedian, menentukan harga penjualan, dan mengembangkan perusahaan. 

Gateway artinya Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network. 

GDDR4 artinya Teknologi terbaru dari jajaran memory ddr yang telah menginjak generasi keempatnya. Memory ini masih berdasarkan dari teknologi GDDR3, hanya saja dilakukan pengembangan disana-sini untuk mendapatkan penigkatan performa. Selai itu, memory ini ditargetkan untuk dapat berjala pada clock diatas 1,4GHz atau efektif 2,8GHz. 

GIF artinya Graphics Interchange Format. Sebuah format standar untuk file grafis (image) terkompresi. File GIF menggunakan teknik kompresi non-lossy sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada image yang tidak terlalu kompleks dengan jumlah warna yang sedikit. Untuk image yang lebih kompleks, biasanya digunakan format JPEG. 

GIS artinya Geographic Information System. Sistem informasi berbasis geografis. 

GNU artinya General Public License (disingkat GNU atau GPL) merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yag sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Versi terakhir lisensi ini, yaitu versi 2, dirilis tahun 1991. GNU lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library. 

GPRS artinya General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini