-->

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

- 8/19/2017
Apa Itu Antropologi?
Antropology
Pengertian Antropologi 
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang budaya suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat , budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa . Terbentuklah ilmu antropologi dengan melalui beberapa fase. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal , tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal di daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya

Antropologi berasal dari kata antrophos yang berarti “manusia” , dan logos yang berarti “ilmu”. Antropologi mempelajari manusia sebagai mahluk biologis sekaligus mahluk sosial. Para ahli mendefinisikan tentang keanekaragaman manusia.

MENURUT WILLIAM A. HAVLAND
Antropologi adalah studi tentang umat manusia , berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

MENURUT DAVID HUNTER
Antropologi adalah ilmu yang lahir dan keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

MENURUT KOENTJARANINGRAT
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.

Dari Definisi Antrologi di atas, dapat disusun pengertian sederhana antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berprilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai)yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dngan yang lainnya berbeda-beda.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini