Pengertian Dan Istilah Pendapatan Nasional

- 8/15/2017
Gambar Pendapatan Nasional
Pendapatan Nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode tertentu (Wikipedia.org/wiki/Pendapatan_Nasional). 

Pernyataan ini dapat diterapkan dalam perekonomian daerah, dimana pendapatan regional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu daerah dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode tertentu.

Sukirno (2004: 34) menjelaskan beberapa istilah pendapatan nasional, yaitu:

a) Produk Domestik Bruto (PDB)
Produk Domestik Bruto (PDB), atau dalam istilah Inggrisnya Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksi di dalam suatu negara dalam satu tahun tertentu. Di dalam suatu perekonomian, di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang, barang dan jasa yang diproduksi buka saja oleh perusahaan milik penduduk suatu negara tertentu tetapi oleh penduduk negara lain yang berproduksi di negara tersebut.

b) Produk Nasional Bruto (PNB)
Produk nasional Bruto (PNB), atau dalam istilah Inggrisnya disebut Gross National Income (GNP) adalah konsep yang mempunyai arti bersamaan dengan PDB/GDP, tetapi PNB memperkirakan jenis-jenis pendapatan yang sedikit berbeda. Dalam menghitung pendapatan Nasional Bruto, nilai barang dan jasa yang dihitung dalam pendapatan nasional hanyalah barang dan jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari negara yang pendapatan nasionalnya dihitung.

Dengan memperhatikan perbedaan diantara arti PDB dan PNB diatas dapatlah dirumuskan sifat hubungan di antara Produk Domestik Bruto dan Produk Naional Bruto, yaitu:

PDB = PNB – PFN dari LN

Dimana PFN dari LN adalah pendapatan faktor neto dari luar negeri. PFN dari LN adalah pendapatan faktor-faktor produksi yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan faktor-faktor produksi yang dibayarkan ke luar negeri.

c) Net National Product (NNP)
Adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima oleh masyarakat setelah dikurangi depresiasi (Fadhillah, 2011). Hal ini dapat dinyatakan dalam rumus sebagai berikut :

NNP = GNP – Depresiasi (penyusutan).

d) Net National Income (NNI)
Adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima oleh masyrakat setelah dikurangi pajak tidak langsung (Fadhillah, 2011). Hal ini dapat dinyatakan dalam rumus sebagai berikut:

NNI = NNP – pajak tidak langsung.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini