-->

Pengertian dan Jenis Sistem Operasi

- 8/11/2017
Contoh Sistem Operasi (OS) untuk Komputer

Pengertian secara umum SISTEM OPERASI adalah:
Sebagai Sebuah program yang mengatur hardware,dengan menyediakanLandasan untuk aplikasi yang berada diatasnya 
  1. Bertindak Sebagai penghubung antara user dengan hardware.
  2. Bertugas untuk mengendalikan & mengkoordinasi penggunaanHardware untuk berbagai program aplikasi bagi bermacam-macam user.
Pengertian SISTEM OPERASI ditinjau dari 3 sudut pandang yg berbeda :

1.SUDUT PANDANG PENGGUNA
SISTEM OPERASI adalah alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan pengguna.Dibandingkan menggunakan kinerja ataupun utilitas sumber daya. Sebaliknya dalamLingkungan multiuser, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalPenggunaan sumber daya komputer. Tetapi pada sejumlah komputer, sudut pandangPengguna dapat dikatakan hanya sedikit.

2. SUDUT PANDANG SISTEM
Sistem operasi adalah sebagai alat yang menempatkan sumber daya Secara efisien. Sistem operasi merupakan manajer bagi sumber daya yang menangani konflik Permintaan sumber daya secara efisien. Selain itu juga untuk mengatur eksekusi Aplikasi dan operasi dari INPUT / OUTPUT ( I/O ). Fungsi ini juga dikenal sebagai Program pengendali. Sistem operasi merupakan suatu bagian program yang Berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah “kernel”

3. SUDUT PANDANG TUJUAN
Sistem operasi adalah sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman Digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah user.

Jenis-Jenis Sistem Operasi
  1. DOS (Disk Operating Sistem)
  2. WINDOWS
  3. MACINTOSH
  4. OS/2 (operating sistem /2 )
  5. UNIX

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini