Pengertian dan Klasifikasi Ras Menurut Para Ahli

- 8/05/2017
Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang pengertian ras. Gross (cit. Daldjoeni, 1991) mengemukakan ras adalah segolongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena memiliki kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan, sehingga dapat dibedakan satu dengan yang lain.
Ras MAnusia
Pengertian Ras Menurut Kohlbrugge (cit. Daldjoeni, 1991) menyatakan ras adalah segolongan manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, dimana ciri-ciri rohani tidak diperhitungkan. 
Pengertian Ras Menurut Haldane (cit. Daldjoeni, 1991) menyatakan bahwa ras adalah sekelompok manusia yang memiliki satu kesatuan karakter fisik dan asal geografis dalam area tertentu.
Pengertian Ras Menurut Chainur Arrasjid (1972) dosen fakustas Hukum USU menyatakan bahwa ras adalah segolongan manusia yang mempunyai persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.

Klasifikasi Ras Manusia

Ada banyak sistem klasifikasi ras manusia dari berbagai sarjana terkenal, dikarenakan oleh tiap-tiap sarjana ini memakai salah satu ciri sebagai dasar klasifikasinya. Misalnya: klasifikasi yang mengkombinasikan ciri-ciri morfologis dengan geografis dalam sistemnya (Blumenbach, 1755 cit. Koentjaraningrat, 1968). 
Klasifikasi yang memakai warna rambut dan bentuk rambut sebagai ciri-ciri terpenting dalam sistemnya (Deniker, 1889 cit. Koentjaraningrat, 1968). Semua klasifikasi itu masih berdasarkan metode-metode morfologis. Secara tradisional ras manusia oleh para ahli dibedakan atas tiga ras utama yaitu: (1) ras Kaukasoid; (2) ras Mongoloid dan (3) ras Negroid. Namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata pembagian ras manusia bisa lebih rinci lagi menjadi ras Khoisan, ras Australoid, ras Kaukasoid, ras Mongoloid dan ras Negroid.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini