Pengertian Imperialisme Dan Kolonialisme Menurut Para Ahli

- 8/10/2017

Pengertian Imperialisme

Arti Imperialisme dan Kolonialisme
Kata Imperialisme mulai dikenal pada pertengahan abad ke-19. Imperialisme berasal dari kata latin yaitu imperium yang berarti mengomandani atau kekuasaan tertinggi. Imperialisme adalah perluasan kekuasaan suatu negara melalui pencaplokan, biasanya melalui penaklulan terhadap wilayah lain (Alan Bullock, 1986 : 409).

Imperialisme adalah penaklukan penduduk suatu negara kepada daerah-daerah lain dengan menentukan hukumnya melalui kekuasaan, dan melakukan eksploitasi secara ekonomi dan finansial terhadap orang-orang asing tersebut (Alan Bullock, 1986 : 409)

Imperialisme dapat pula diartikan sebagai kebijakan dan praktek perluasan suatu negara kepada negara lain yang dilakukan dengan mencaplok wilayah yang berbatasan dengan negara tersebut dengan cara paksa atau dengan cara mengambil daerah-daerah jajahan, tanah jajahan dan daerah perlindungan yang dimiliki oleh negara lain (Henry Pratt Fairchild, 1977 : 150).

Pengertian Kolonialisme
Kolonialisme berasal dari kata Colony. Kata ini diambil dari bahasa latin yaitu colon. Colon merupakan sebutan kata yang ditujukan untuk petani, penanam, pekebun atau penduduk yang tinggal di suatu daerah baru. Selain kata colon, ada pula kata colonia. 

Kata ini memiliki arti yang sama dengan pertanian, tanah perkebunan, dan pemukiman. Colonia dahulu merupakan sebutan bagi pemukiman umum warga negara Roma di suatu daerah musuh yang telah ditaklukan, dimana warga negara Roma menerima tanah tersebut setelah berperan sebagai tentara garnisun dan menjadi veteran. Kolonialisme adalah satu bentuk imperialisme yang didasarkan penegakkan (sering diekspresikan dalam hukum) yang tajam dan radikal antara negara yang menjajah dengan penduduk negara yang dijajah. Awal untuk menegakkan hukum tersebut dilakukan melalui penaklukan. Setelah penaklukan dilaksanakan, maka dilakukan pengendalian dan kontrol terhadap penduduk terjajah dengan dasar perbedaan fisik dan kebudayaan (Alan Bullock, 1986 : 410).

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini