-->

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

- 8/23/2017
Motivasi Thomas A Edison
Motivasi berasal dari kata Motif (motive). Yang dimaksud dengan Pengertian Motivasi yaitu suatu kondisi yang mendorong atau yang menjadi sebab seseorang melakukan suatu kegiatan atau perbuatan, yang dilakukan secara sadar. 

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli, Sebagai Berikut :
Menurut Mathis dan Jackson Pengertian Motivasi adalah hasrat di dalam seseorang menyebabkan orang tersebut melakukan tindakan. Seseorang melakukan tindakan untuk sesuatu hal mencapai tujuan. Oleh sebab itu motivasi merupakan penggerak yang mengarahkan pada tujuan dan itu jarang muncul dengan sia-sia.

Pengertian Motivasi Menurut Siagian ialah daya pendorong yang mengakibatkan seseorang anggota organisasi mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan, dalam wujud keahlian atau keterampilan tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggungjawab dan menunaikan kewajibannya, dalam rangka untuk mencapai tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Handoko Mengatakan, Pengertian Motivasi merupakan kegiatan yang mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara tingkah perilaku manusia.

Berdasarkan Pengertian Motivasi diatas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Motivasi adalah suatu tindakan untuk mempengaruhi orang lain untuk berperilaku (to behave) secara tertentu. Motivasi merupakan tugas bagi manajer untuk mempengaruhi orang lain (karyawan) dalam suatu perusahaan.

Dari Batasan Pengertian Motivasi diatas terlihat bahwa ada tiga hal yang termasuk di dalamnya antara lain : upaya (effort), tujuan organisasi (goals), dan kebutuhan (need). Demikianlah Pengertian Motivasi Menurut Para Pakar, 
Sumber: - Wilson Bangun, 2008. Intisari Manajemen. Penebit PT Refika Aditama: Bandung.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini