Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

- 8/23/2017
Pengertian Manajemen Keuangan : Didirikannya suatu perusahaan tentu saja memiliki tujuan yang jelas. Untuk mencapai tujuan perusahaan yang dikehendaki, perusahaan harus menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Fungsi-fungsi perusahaan tersebut meliputi fungsi keuangan, fungsi pemasaran, fungsi sumber daya manusia, dan fungsi operasional. Keempat fungsi tersebut memiliki peranan sendiri-sendiri dalam perusahaan dan pelaksanaannya saling berkaitan. 

Manajemen keuangan dapat berpengaruh langsung terhadap kehidupan setiap orang dan perusahaan. Manajemen keuangan berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan dengan baik oleh individu, perusahaan, maupun pemerintah. Untuk memperkuat pengertian manajemen keuangan, maka menurut beberapa ahli, manajemen keuangan adalah : 

Menurut Sutrisno (2003:3) pengertian manajemen keuangan adalah : "Manajemen Keuangan adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dana tersebut secara efisien."

Sama halnya menurut Martono dan Agus Harjito (2005:4) mengartikan bahwa: Manajemen Keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh. 



Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan mengenai pengertian manajemen keuangan yaitu usaha-usaha pengelolaan dana secara optimal, dan dana yang telah dikumpulkan akan digunakan untuk membiayai segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, kemudian dana tersebut akan dialokasikan dalam berbagai bentuk investasi.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini