-->

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

- 8/16/2017
Multimedia
Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti
tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang
kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video. 
 
Berikut beberapa pengertian Multimedia menurut beberapa ahli :
  1. Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
  2.  Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
  3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawankawan, 2002)
  4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001)
  5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi
  6. Dalam definisi modern, Multimedia berarti kombinasi media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan sinergis melalui komputer dan pelantara elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. 
 
Ada empat komponen penting dari denifisi di atas, yaitu sebagai berikut :
  1. Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang terinteraksi dengan kita.
  2. Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi
  3. Harus ada alatnavigasi yang memandu kita dengan informasi.
  4. Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide sendiri. (M. Suyanto, 2003).
Multimedia terbagi menjadi dua katagori, yaitu :Multimedia Linier
  • Multimedia Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya : TV dan film.
  •  Multimedia InteraktifMultimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanutnya. Contoh multimedia interaktif adalah : multimedia pembelajaran interaktif, apliaksi game, dll.

Sumber: https://irfanramadhan4.files.wordpress.com/2013/03/pengertian-multimedia.pdf

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini