-->

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

- 8/12/2017
Peneliti
Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli, sebagai berikut :
Pengertian Penelitian Menurut Surachmad adalah kegiatan ilmiah mengumpulkan pengetahuan baru dari sumber-sumber primer, dengan penekanan tujuan pada penemuan prinsip-prinsip umum, serta memprediksi dengan melakukan peramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.

Menurut Soetrisno Hadi, Pengertian Penelitian ialah usaha untuk menemukan, menguji dan mengembangkan kebenaran suatu pengetahuan, usaha manakah yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

Hill Way mengemukakan pendapatnya mengenai Pengertian Penelitian merupakan suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.

Dari pengertian penelitian yang diungkapkan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, menguji dan mengembangkan kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut. Dengan demikian dalam penelitian terdapat lima unsur yang perlu diperhatikan, sebagai berikut :
  1. Unsur ilmiah, adalah penggunaan ilmu pengetahuan dan langkah-langkah penelitian sebagai metode dari berpikir. Langkah-langkah penelitian yang dimaksud ialah mulai dari pernyataan masalah, pengumpulan data dan penyusunan hipotesis sampai dengan penarikan kesimpulan dan melaporkan hasilnya.
  2. Unsur penemuan, berarti berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang mengisi kekosongan atau kekurangan.
  3. Unsur pengembangan, berarti memperluas dan menganalisis lebih dalam apa yang telah ada. Dalam hal ini seseorang sudah pernah meneliti sesuatu objek tertentu, akan tetapi hasilnya belum memuaskan; sehingga hasil penelitian tersebut masih perlu dikembangkannya.
  4. Unsur pengujian kebenaran, ini diartikan sebagai mengetes hal-hal yang masih diragukan kebenarannya.
  5. Unsur pemecahan masalah, dalam hal ini dimaksudkan untuk membuat pemecahan apabila dalam penelitian didapat berbagai masalah.
Menurut Hadari Nawawi, Pengertian Metode Penelitian adalah ilmu yang membincangkan metode-metode ilmiah dalam menggali kebenaran pengetahuan, sedangkan menurut Sutrisno Hadi, Pengertian Metode Penelitian ialah pelajaran yang memperbincangkan metode-metode ilmiah untuk suatu penelitian.
sumber
- Moh. Pabundu Tika, 2005. Metode Penelitian Geografi. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini