Aliran Aliran Filsafat Pendidikan Modern

- 8/09/2017
Filsafat
1. Aliran Progesivisme
Aliran progesivisme mengakui dan berusaha mengembangkan asas progesivisme dalam semua realita kehidupan, agar manusia bisa survive menghadapi semua tantangan hidup. Dinamakan instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelegensi manusia sebagai alat untuk hidup, untuk kesejahteraan dan untuk mengembangkan kepribadian manusia. Dinamakan eksperimentalisme, karena aliran ini menyadari dan mempraktekkan asas eksperimen untuk menguji kebenaran suatu teori. Dan dinamakan environmentalisme, karena aliran ini menganggap lingkungan hidup itu mempengaruhi pembinaan kepribadian (Muhammad Noor Syam, 1987:228-229).

2. Aliran Esensialisme
Aliran esensialisme merupakan aliran pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban manusia. Esensialisme muncul pada zaman Renaisance dengan ciricirinya beda dengan progesivisme. Dasar pijakan aliran pendidikan ini lebih fleksibel dan terbuka untuk perubahan dan toleran, dan tidak ada keterkaitannya dengan doktrin tertentu. Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama , yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang mempunyai tata yang jelas (Zuhairini, 1991:21).

3. Aliran Perenialisme
Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan sekarang. Perenialisme memberikan sumbangan yang berpengaruh baik teori maupun praktis bagi kebudayaan dan pendidikan pada zaman sekarang ( Muhammad Noor Syam, 1986:296).

4. Aliran Rekontruksionisme
Aliran rekontruksionisme merupakan aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dengan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern. Terkait: Pemikiran Filsafat Spiritualisme Kuno

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini