-->

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

- 8/12/2017
Apa Itu Belajar?
Belajar
Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut akan nyata pada seluruh aspek tingkah laku (Slameto, 2010).

Beberapa pengertian belajar menurut para ahli, yaitu :
  1. Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2010)
  2. Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan pelatihan (Sabri, 2007)
  3. Belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responsnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responsnya menurun Skinner dalam (Dimyati dan Mudjiono, 2006)
  4. Belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai Gagne dalam (Dimyati dan Mudjiono, 2006)
  5. Belajar merupakan perubahan perilaku itu sebagai akibat karena latihan (practice) atau karena pengalaman (experience) menurut Morgan, dkk dalam (http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/pengertian-belajar.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini