Pengertian Industri Menurut Para Ahli

- 8/28/2017
Pengertian Industri Menurut Para Ahli
Menurut BPS, pada umumnya perkembangan sektor industri kecil yang terjadi di Kota Medan biasanya didahului oleh industri kerajinan tangan berkembang menjadi industri kecil dan pada akhirnya menjadi industri sedang dan industri besar. Perkembangan industri itu sendiri menurut jenisnya secara umum merupakan pengembangan dari sektor pertanian yang telah ada seperti industri minyak sawit yang merupakan dampak dari pengembangan sektor perkebunan sawit. 

Menurut Kartasapoetra (2000), Pengertian industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi lagi penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun industri dan perekayasaan industri. 

Menurut Hasibuan (2000) pengertian industri sangat luas, dapat dalam lingkup makro maupun mikro. Secara Mikro Industri adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang homogen, atau barang-barang yang mempunyai sifat yang saling mengganti sangat erat. Dari segi pembentukan pendapatan yakni cenderung bersifat makro. Industri adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah. Jadi batasan industri yaitu secara mikro sebagai kumpulan perusahaan yang menghasilkan barang sedangkan secara makro dapat membentuk pendapatan. 

Menurut Badan Perencanaan Permbangunan Sumatera Utara (2008) Industri adalah suatu aktivitas untuk mengubah bahan baku menjadi barang setengah jadi dan atau barang jadi dengan tujuan untuk dijual. 

Dengan demikian pengertian industri meliputi:
  1. Semua aktivitas untuk mengubah wujud semula menjadi wujud yang lebih tinggi nilainya.
  2. Diperjual-belikan, berarti bertujuan untuk memperoleh laba.
Rancang bangun industri adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan kegiatan perencanaan pendirian industri atau pabrik-pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya. Sedangkan Perekayasaan industri adalah kegiatan industri yang berhubungan dengan perencanaan dan pembuatan mesin atau peralatan pabrik atau peralatan industri lainnya. 

Berdasarkan pengertian di atas jelaslah bahwa suatu perusahaan industri akan menghasilkan produk-produk tertentu yang memiliki ciri khas perusahaan, demi untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan tersebut. Untuk perlindungan terhadap hak-hak perusahaan yang bersangkutan, maka produk yang dihasilkan dari industri mendapat perlindungan hukum. Dengan demikian dalam usaha mendirikan perusahaan industri tidak terlepas dari pengawasan pemerintah. 

Pembangunan industri adalah bagian dari program pembangunan jangka panjang untuk merubah struktur perekonomian yang terlalu berat sebelah kepada bahan mentah dan hasil pertanian, kearah struktur ekonomi yang lebih seimbang dan lebih serasi. Artinya perusahaan industri tidak dapat berkembang sendiri tanpa adanya persaingan dari perusahaan lainnya. Misalnya suatu perusahaan industri pengolahan ikan tidak akan berkembang kalau usaha ekstratif perikanan itu menurun. 

Demikian juga dengan perusahaan industri pengalengan ikan, di mana jika perusahaan ekstratif perikanan meningkat maka usaha pengalengan ikan juga akan meningkat. Namun sebaliknya apabila perusahaan perdagangan yang dapat memasarkan produknya tidak berkembang, maka pertumbuhan industri pengolahan ikan tersebut tidak akan berkembang. 

Menurut Martin dalam Kartasapoetra (2000) Industri merupakan kumpulan dari berbagai perusahaan (firm) yang memproduksi: 
  1. Bahan mentah yang sama.
  2. Proses produksi yang sama.
  3. Hasil yang sama.
Menurut Badan Pusat Statistik (2008) industri mempunyai dua pengertian:
  1. Pengertian secara luas, industri mencakup semua usaha dan kegiatan di bidang ekonomi bersifat produktif.
  2. Dalam pengertian secara sempit, industri hanyalah mencakup industri pengolahan yaitu suatu kegiatan ekonomi yang melakukan kegiatan mengubah suatu barang dasar mekanis, kimia, atau dengan tangan sehingga menjadi barang setengah jadi dan atau barang jadi, kemudian barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih nilainya dan sifatnya lebih kepada pemakaian akhir.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini