Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

- 8/13/2017
Apa Itu Psikologi?
Psikologi
Pengertian “psyche”, Psikologi berasal dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa. Logos berarti ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi berarti : “ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latarbelakangnya”. Namun pengertian antara ilmu jiwa dan psikologi sebenarnya berbeda atau tidak sama (menurut Gerungan) karena :
  • Ilmu jiwa adalah : ilmu jiwa secara luas termasuk khalayan dan spekulasi tentang jiwa itu.
  • Ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metode-metode ilmiah
Pengertian Psikologi, 'Psikologi' didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkahlaku dan proses mental organisme. Tiga idea penting dalam definisi ini ialah; 'saintifik', tingkah laku' dan 'proses mental'. Saintifik bermakna kajian yang dilakukan dan data yang dikumpulkan mengikuti prosedur yang sistematik. Walau pun kaedah saintifik diikuti, ahli-ahli psikologi perlu membuat pelbagai inferen atau tafsiran berdasarkan temuan yang diperoleh.

Pengertian psikologi menurut para ahli adalah sebagaimana dikemukakan sebagai berikut:

TH. F.Hoult
Psikologi adalah suatu disiplin yang secara sistematis mempelajari perkembangan dan berfungsinya faktor-faktor mental dan emosional dari jiwa manusia.

Robert J. Wicks
Psikologi adalah suatu ilmu tentang perikelakuan.

Edwin G. Boring dan Herbert S Langelfeld
Psikologi adalah studi tentang hakikat manusia.

Clifford T Morgan
“Psycology is the science of human and animal behavior” . artinya adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan hewan. 

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, disusunlah suatu definisi atau pengertian umum oleh Sarlito Wirawan Sarwono yang merupakan rangkumandaribeberapa pengertian, yaitu Psikologi Kriminal “Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya”.

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini