Pengertian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi

- 8/09/2017
Filsafat
Pengertian Ontologi adalah ilmu hakikat yang menyelidiki alam nyata dan bagaimana keadaan yang sebenarnya: apakah hakikat dibalik alam nyata ini. Ontologi menyelidiki hakikat dari segala sesuatu dari alam nyata yang sangat terbatas bagi pancaindra kita.

Pengertian Epistemologi adalah pengetahuan yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apakah pengetahuan, cara manusia memperoleh dan menangkap pengetahuan dan jenis-jenis pengetahuan. Menurut epistemologi, setiap pengetahuan manusia merupakan hasil pemeriksaan dan penyelidikan benda hingga akhirnya diketahui manusia (salam, 1988:19). Epistemologi membahas sumber, proses, syarat, batas fasilitas dan hakikat pengetahuan yang memberikan kepercayaan dan jaminan bagi guru bahwa ia memberikan kebenaran kepada muridmuridnya (Muhammad Noor Syam, 1986:32).

Sedangkan Pengertian aksiologi menyangkut nilai-nilai yang berupa pertanyaan apakah yang baik atau bagus itu. Dalam definisi yang lain aksiologi merupakan suatu pendidikan yang menguji manusia dan mengintegrasikan semua nilai tersebut dalam kehidupan manusia. Untuk selanjutnya nilai-nilai tersebut ditanamkan dalam kepribadian anak (Ibid, 1986:95). Terkait: Perkembangan Pemikiran Filsafat Spiritualisme Kuno

 

Masukkan Kata Kunci Pencarian Anda di Sini